CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Jumat, Mei 30, 2008

MITOS SEPUTAR HARDWARE PC

Kekecewaan sering terjadi ketika Anda membeli hardware PC baru. Supaya tidak kecewa, simak beberapa mitos seputar hardware PC yang banyak disalahartikan dalam masyarakat. Alexander P. H. Jularso

JIKA ANDA kami ajak mengingat-ingat berapa kali Anda terbujuk dengan rayuan para produsen hardware PC, baik melalui media massa, televisi, pameran, dan kemudian Anda membeli produk dari produsen tersebut, namun Anda tidak mengetahui apakah memang benar produk tersebut yang Anda butuhkan saat ini, tentu Anda akan menjawab, “Ya, beberapa kali saya terbujuk”.

Hal tersebut menjadi lumrah adanya ketika seseorang tidak memiliki pengetahuan yang mendetail atau cukup tentang sebuah produk hardware yang akan dibeli. Saat ini kebanyakan orang masih mengganggap bahwa sebuah produk baru pastilah akan memiliki kinerja lebihbaik dari produk sebelumnya dan tentu saja akan cocok dengan PC milik mereka,atau setidaknya bisa mendongkrak kemampuan PC tersebut. Pengetahuan seperti ini yang kerap menyebabkan orang kecewa ketika ia sudah terlanjur membeli hardware, namun hardware tersebut tidak cocok atau tidak mampu mendongkrak kinerja PC mereka.

Hal ini diperparah dengan tindakan para produsen yang sering memberikan janji-janji manis kepada konsumen, namun belum tentu terbukti benar dalam kenyataan di lapangan. Entah itu produk yang tidak sesuai dengan spesifikasi, sampai dengan performa yang tidak sama saat dijanjikan. Namun, tidak semua produsen memilikitipikal seperti ini, masih ada beberapa produsen yang mau mengedukasi konsumen terlebih dahulu sebelum membeli produk-produk mereka.

Pilihan Tepat

Tidak semua orang mampu membeli atau meng-upgrade PC mereka ketika sebuah produk hardware PC baru diluncurkan di pasaran. Saat ini, produk-produk baru selalu bermunculan hanya dalam hitungan bulan. Sekitar tiga sampai enam bulan produk tersebut pasti memiliki seri yang lebih baru. Jika Anda termasuk salah seorang yang belum mampu meng-upgrade PC Anda dalam selang waktu tiga bulanan, maka dipastikan Anda adalah orang yang meng-uprade PC dalam selang waktu satu tahun atau lebih.

Supaya dana Anda tidak sia-sia dalam membeli sebuah hardware PC, Anda harus mengetahui beberapa hal, utamanya mengenai spesifikasi detail PC Anda saat ini.

Misalkan Anda ingin membeli video card terbaru, GeForce 8800GTS, yang saat ini dibanderol di kisaran harga US$350 atau lebih malah. Anda harus benar-benar mengetahui secara detail apakah sistem PC Anda saat ini mampu menjalankan video card tersebut secara maksimal, jika tidak maka uang yang Anda keluarkan akan sia-sia.

Meng-upgrade video card mahal ke dalam PC yang hanya kelas menengah saja tidak akan berpengaruh pada performa graphic secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan ada beberapa aspek dari PC yang mempengaruhi kinerja dari video card. Salah satunya adalah CPU (processor), di mana kinerja video card Anda tidak akan bisa maksimal jika CPU yang digunakan memiliki spesifi kasi yang minim. RAM juga berpengaruh dalam kinerja video card. Jika Anda hanya memiliki RAM sebesar 512 MB dalam sistem PC Anda, jangan berharap 8800GTS akan bekerja secara maksimal.

Hal lain yang bisa mempengaruhi kinerja video card adalah PSU (Power SupplyUnit) yang hanya memiliki daya terbatas.Contohnya, jika Anda menggunakan PSUdengan daya 450 Watt untuk menjalankan8800GTS, GT, atau Ultra, maka dipastikan video card tersebut akan berjalanpada kecepatan clock yang lebih lambat dikarenakan supply daya yang kurang ke dalam video card tersebut.

Dengan contoh di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak semua hardware yang mahal dan memiliki teknologi terbaru cocok untuk diterapkan pada system PC kita saat ini. Sungguh suatu hal yang sia-sia jika kita tidak bisa memaksimalkan kinerja dari sebuah hardware PC yang baru kita beli dan tentunya dengan uang yang tidak sedikit.

Untuk lebih mengetahui apa saja mitos-mitos mengenai hardware PC di masyarakat yang sudah dimengerti dengan cara yang salah, simak lebih lanjut dalam artikel yang kami sajikan pada “Cover Story” kali ini.

1 Respon:

Anonim mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://hardware.infogue.com
http://hardware.infogue.com/mitos_seputar_hardware_pc

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!